Kamis, 09 Mei 2013


Salah satu cara untuk mempercepat loading computer saat dihidupkan adalah dengan mengatur program-program yang otomatis berjalan saat start up. Dengan meminimalisir program yang berjalan pada saat start up maka loading computer akan menjadi lebih cepat, demikian juga sebaliknya semakin banyak program yang berjalan saat startup maka computer juga akan menjadi lebih lambat karena banyak proses yang dijalankan satu persatu untuk membuka dan menjalankan program tersebut secara otomatis.

Memang beberapa program kita perlukan untuk langsung otomatis berjalan saat windows start up, seperti windows firewall, antivirus. Sedangkan untuk program-program yang lain sebaiknya didisable saja. Cara mendisable atau mematikan program yang otomatis berjalan pada saat start up dapat anda ikuti langkahnya sebagai berikut :
  1. Tekan kompibansi tombol window + R untuk membuka menu run kemudian ketikkan msconfig dan tekan enter.

    msconfig

  2. Maka jendela system configuration utility akan terbuka, kemudian buka tab Startup. Hilangkan tanda centang pada program-program yang tidak diperlukan.

    mematikan program saat startup

  3. Klik OK dan restart komputer

4 komentar:

  1. kkalo untuk idm,....kayanya walaupun udah di non aktivkan,....program ini ikut start up bersama windows gan,....
    masa harus masuk msconfig tiap mau matiin komp,..
    gimana caranya supaya disable prmanent n dijalankan secara manual

    BalasHapus
  2. petunjuk yang di atas itu untuk disable program saat startup,kamu gak perlu selalu di msconfig kalau mau matiin komputer ,kamu hanya perlu sekali hilangkan centang IDM yang ada di msconfig lalu ok.kalu kamu nyalain komputer lagi dijamin gak muncul software IDM itu.

    BalasHapus
  3. sangat membantu mas. terima kasih.

    BalasHapus